Selasa, 10 Agustus 2010

Konfigurasi Jaringan Dasar dalam Packet Tracer

Menggunakan Packet Tracer telah memungkinkan jaringan komputer profesional untuk merancang jaringan, mengajarkan ide-ide dan konsep, dan menghemat waktu pada brainstorming. Meskipun alat yang bagus, membuat jaringan sederhana adalah sebuah tantangan jika Anda tidak akrab dengan program ini.

Salah satu jaringan komputer yang paling dasar bahwa Anda dapat membuat melibatkan dua komputer dan router. Meskipun tampaknya sederhana yang menghubungkan dua komputer untuk router dan menyebutnya berhenti, mengkonfigurasi pengaturan IOS Cisco benar-benar membutuhkan sedikit pekerjaan. Ini cukup berbeda dengan router komersial yang tersedia secara luas kepada konsumen untuk penggunaan rumah.

Membangun jaringan akan mengambil dua kabel crossover dan kabel konsol. Kedua kabel crossover akan menghubungkan setiap desktop ke port Ethernet dari router, kabel konsol sementara akan menghubungkan salah satu komputer ke router untuk mengkonfigurasi. Pastikan bahwa Anda menggunakan kabel bukan lurus-melalui saat menggunakan kabel Ethernet Anda, karena jenis kabel ini disediakan untuk perangkat berbeda.

Langkah pertama dalam menyelesaikan jaringan tersebut adalah untuk memberikan alamat IP untuk setiap komputer dan interface Ethernet pada router. Anda harus memiliki dua jaringan yang terpisah: satu untuk setiap komputer dan antarmuka. Antarmuka dan komputer untuk setiap jaringan harus memiliki alamat IP yang berbeda, memberikan Anda total empat alamat IP untuk menetapkan. Interface Ethernet yang ditugaskan di Cisco Command Line Interface, sedangkan desktop harus dikonfigurasi secara terpisah.

Bahkan dengan semua informasi alamat IP di tempat, dan port Ethernet dikonfigurasi, masih ada sesuatu yang hilang. Kami belum diinstal alamat gateway pada mesin-mesin desktop. Tanpa alamat gateway, komputer tidak akan dapat mengirim dan menerima informasi melalui jaringan. Ini sederhana untuk menetapkan: alamat gateway akan menjadi alamat IP dari interface Ethernet yang terhubung ke desktop tersebut.

Kami dapat mengkonfirmasi bahwa jaringan ini diatur dengan benar oleh ping ke komputer dari yang lain. Selama Anda melakukan semuanya dengan benar, Anda harus mendapatkan pesan sukses ketika menggunakan antarmuka baris perintah. Jika Anda mendapatkan error tentang waktu menyendiri, kemungkinan besar Anda memiliki masukan informasi alamat IP yang salah atau lupa untuk membuka port Ethernet dari router. Mengatasi masalah adalah keterampilan yang berharga untuk melakukan, jadi coba untuk memperbaiki masalah sendiri sebelum meminta bantuan jika Anda terjebak pada masalah.

Final Thoughts
Packet Tracer membuat proses perancangan jaringan yang begitu mudah, sehingga sulit untuk membayangkan apa komputer operator jaringan harus bertahan di masa lalu. Tutorial dan informasi lebih lanjut dapat di-download dari Internet, jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pengaturan jaringan kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar